Kamis, Juni 30, 2022

Diduga Ada Kecurangan Pemilihan Kepling, Warga Datangi Camat Medan Deli

Must Read

Medan Deli, Nusanews.tv – Puluhan warga mendatangi kantor Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, dan Kecamatan Medan Deli, Rabu (9/3/2022), mereka melakukan aksi demo memprotes karena menduga adanya kecurangan dalam pemilihan Kepala Lingkungan (Kepling) di Lingkungan 18 Kelurahan Tanjung Mulia Hilir.

Sehubungan dengan surat Camat Medan Deli, tanggal 10 Febuari 2022, tentang pengumuman pendaftaran calon kepala lingkungan di wilayah Kecamatan Medan Deli, berkenan dengan hal tersebut diatas, telah dilakukan verifikasi masing-masing calon kepala lingkungan di Kelurahan Tanjung Mulia Hilir.

Bahwasannya ada 4 calon Kepling 18 Kel. Tanjung Mulia Hilir diantaranya, Dedy Simbolon, SE, Adi Sugiarto, Danatama Laia, Herbert Silaban, dari pengumuman hasil verifikasi Kelurahan Tanjung Mulia Hilir yang dinyatakan adminitrasi yakni Dedy Simbolon, SE dan Adi Sugiarto, sementara dua calon Kepling lainnya dinyatakan tidak lulus administrasi.

Pantauan awak media ini, warga Lingkungan I8 ini mendatangi kantor Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, setelah melakukan aksi disitu warga beranjak langsung ke kantor Kecamatan Medan Deli, dengan membawa poster bertuliskan protes warga terhadap lurah dan ketua tim verifikasi.

Warga berorasi dan menilai penuh dengan kecurangan dalam pemilihan kepling yang diumumkan terpilih yakni Herbet Silaban padahal verifikasi di tingkat kelurahan dinyatakan tidak lulus dikarenakan dia bukan merupakan warga Lingkungan 18 melainkan warga Lingkungan 17 sesuai dengan KTP dan KK yang dimilikinya, bahkan menurut warga sekitar Herbet tinggal di Kab. Deli Serdang dan sama sekali warga tidak mengenal Herbet Silaban,”cetus warga.

Ketua aksi demo bernama Yos Marbun mengatakan, dalam aksi damai ini meminta keadilan dan kejelasan dari lurah dan camat agar melakukan pemilihan ulang Kepling 18 dikarenakan banyaknya kecurangan yang dilakukan tim verifikasi tingkat kelurahan dan kecamatan.

Sementara itu, Lurah Tanjung Mulia Hilir, Hendra saat demo tersebut tidak berada di kantornya. Menurut staf, lurah sedang berada di Medan rapat sehingga warga langsung beranjak di Kantor Camat Medan Deli. Namun ketika didatangi ke kantor Kecamatan Medan Deli, namun Camat Medan Deli juga tidak berada di kantornya.

Untuk meredam kemarahan warga akhirnya seluruh warga yang ikut aksi demo, warga dikumpulkan di aula kantor Kecamatan Medan Deli, untuk melakukan mediasi oleh Sekcam Medan Deli, M. Idris SH yang dihadiri staf kantor Camat Medan Deli, Lurah Tanjung Mulia Hilir, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa.

Menurut salah satu calon Kepling 18 Kel. Tanjung Mulia Hilir Dedy Simbolon, SE meminta kepada tim verifikasi Kecamatan Medan Deli M Idris kiranya melakukan pemilihan ulang dikarenakan adanya kecurangan dalam pemilihan Kepling 18 yang mana diumumkan Herbet Silaban yang terpilih.

Dia juga meminta Wali Kota Medan M Boby Afif Nasution SE MM agar mencopot Lurah Tanjung Mulia Hilir dan Camat Medan Deli sehubungan mengkangkangi Perwal No 21 Tahun 2021 tentang pengangkatan dan pemberhentian Kepling. (red)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Desa Sibolangit akan berbenah diri untuk mewujudkan menjadi desa wisata di Kabupaten Deli Serdang

Nusanews.tv,Deli Serdang - Setelah usai acara pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan kades oleh Bupati Del Serdang H. Ashari Tambunan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img